Sepatu Zaidi dihargai Rp. 110 Milyar

president-bush-ducks-as-the-shoes-are-thrown3Peristiwa pelemparan sepatu oleh wartawan Irak, Muntadar kepada pemimpin AS, Presiden George W Bush pada konferensi pers bersama PM Nouri al-Maliki, menjadi berita terhangat. Kepopuleran berita ini hampir menyamai sewaktu Amerika menginvasi Irak pada tahun 2003, dan eksekusi mati mantan Presiden Irak, Saddam Hussein di akhir tahun 2006.

Lihat Video “Saat Bush Dilempar Sepatu

Muntadar al-Zaid melempar sepatu kepada Bush seraya meneriakkan ‘anjing’ dalam bahasa Arab.Bush berhasil menghindar dengan jurus menunduk meskipun telah dilempar dua kali pada jarak 5 meter. Akibat aksinya ini, Muntadar al-Zaid langsung diamankan oleh pihak keamanan Irak dan AS. Muntadar mengalami patah tulang rusuk dan luka pada lengan akibat hantaman petugas keamanan. Kini ‘pahlawan sepatu terbang” di tahan di penjara militer Irak.

Kini, sepatu yang melayang di atas kepala Bush ini menjadi sepatu paling bersejarah. Tidak pernah ada kasus pelemparan sepatu bagi seorang pemimpin AS. Ini memang sejarah bagi aspirasi rakyat yang tertindas. Tindakan Zaidipun sangat kreatif, melempar kreator perang di Irak dengan sepasang sepatunya. Selain bersejarah, sepasang sepatu yang dilemparkan ke arah Presiden AS George W Bush kini menjadi sepatu yang paling diincar oleh orang-orang. Dikabarkan tawaran harga sepasang sepatu Zaid telah mencapai US$ 10 juta (110 miliar rupiah), coba bandingkan dengan harga sepatu di Bursa Sepatu ini, yang harganya paling mahal cuma Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) , bisa untuk membeli sepatu sebanyak 1.100.000 pasang. (he…he…he…)

Dengan alasan tidak logis bahwa khawatir sepesang sepatu yang dilempar mengandung bahan peledak, pihak otoritas Irak bersama AS telah menghancurkan sepatu tersebut.  Mereka berkilah bahwa mereka menghancurkannya untuk memastikan apakah sepatu tersebut mengandung bahan peledak atau tidak. “Sepatu itu diperiksa oleh petugas keamanan Irak dan AS dan kemudian dimusnahkan,” kata hakim penyidik tersebut.(*)

Iklan
%d blogger menyukai ini: